Senin, 14 November 2016

Penerapan Prilaku Organisasi pada Perusahaan Kesehatan Swasta di Banten (RS Sari Asih Serang)

Penerapan Prilaku Organisasi pada Perusahaan Kesehatan Swasta di Banten (RS Sari Asih Serang)

Makalah
Diajukan untuk tugas mata kuliah Prilaku Organisasi
Dosen Pengampu : Abdul Bahits, S.Hi., MM


Kelompok 4
1.      Alista Nanda Utami               : 11151011
2.      Montiza Rizki Putri               : 11150986
3.      Reza Faizal                             : 1115
4.      Siti Herlina                             : 11150213
5.      Suci Lelatul Damayanti         : 11150302
6.      Vera Handayani                    : 11150546


Kelas 3J – MA


Jurusan Manajemen S-1
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Bangsa
2016



Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini. Dalam proses penyusunan tugas ini penyusun menemui beberapa hambatan. Namun, berkat dukungan dari berbagai pihak, akhirnya penyusun dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik. Oleh karena itu, melalui kesempatan ini penyusun menyampaikan terimakasih kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
            Penyusun menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat penyusun harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan penyusun semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi penyusun dan bagi pembaca lain pada umumnya.

Serang, 09 November 2016
                                                                                                Penyusun,       

           
                                                                                                Kelompok 4  









                                                   
KATA PENGANTAR.......................................................................   i
DAFTAR ISI.......................................................................................   ii
BAB I PENDAHULUAN..................................................................   1
A.    Latar Belakang ....................................................................   1
B.     Rumusan Masalah................................................................   1
C.     Tujuan  ........                                                                            1
BAB II PEMBAHASAN....................................................................   2
A.    Company Profile RS Sari Asih Serang ................................   2
B.     Penerapan Prilaku Organisasi pada Perusahaan Kesehatan
Swasta di Bantn (RS Sari Asih Serang) ..............................   5
C.     Kekuatan dan Kelemahan Perusahaan Kesehatan Swasta
di Banten (RS Sari Asih Serang) .........................................   8
BAB III PENUTUP............................................................................   10
A.    Simpulan...............................................................................   10
DAFTAR PUSTAKA........................................................................   11















BAB I

Rumah sakit adalah sebuah institusi perawatan kesehatan profesional yang pelayanannya disediakan oleh dokter, perawat, dan tenaga ahli kesehatan lainnya.
Selama Abad pertengahan, rumah sakit juga melayani banyak fungsi di luar rumah sakit yang kita kenal pada zaman sekarang, misalnya sebagai penampungan orang miskin atau persinggahan musafir. Istilah hospital (rumah sakit) berasal dari kata Latin, hospes (tuan rumah), yang juga menjadi akar kata hotel dan hospitality (keramahan).
Beberapa pasien bisa hanya datang untuk diagnosis atau terapi ringan untuk kemudian meminta perawatan jalan, atau bisa pula meminta rawat inap dalam hitungan hari, minggu, atau bulan. Rumah sakit dibedakan dari institusi kesehatan lain dari kemampuannya memberikan diagnosa dan perawatan medis secara menyeluruh kepada pasien.
RS Sari Asih Serang adalah rumah sakit swasta kelas C. Rumah sakit ini mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas. Rumah sakit ini juga menampung pelayanan rujukan dari puskesmas.

B.     Rumusan Massalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas, maka dalam penulisan makalah ini kami mengemukakan perumusan masalah sebagai berikut : “Bagaimana Penerapan Prilaku Organisasi pada Perusahaan Kesehatan Swasta di Banten (RS Sari Asih Serang)”.

C.    Tujuan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan dalam makalah ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Penerapan Prilaku Organisasi pada Perusahaan Kesehatan Swasta di Banten (RS Sari Asih Serang).
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Company Profile RS Sari Asih Serang
RS Sari Asih Serang adalah rumah sakit swasta kelas C di Banten. Rumah sakit ini mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas. Rumah sakit ini juga menampung pelayanan rujukan dari puskesmas maupun rumah sakit lainnya yang ada di Banten. RS Sari Asih Serang merupakan rumah sakit pertama yang didirikan di luar Tangerang oleh Sari Asih Group di tahun 2008.
Tersedia 130 tempat tidur inap, 13 dari 130 tempat tidur di rumah sakit ini berkelas VIP keatas.
Dari 59 dokter yang ada di RS Sari Asih Serang, 43 adalah spesiali. Rumah sakit ini tersedia semua kategori besar dokter, termasuk: Dokter Umum, Spesialis, Dokter Gigi, Spesialis Gigi serta Dokter Bedah.
Dengan perincian Tipe Dokter sebagai berikut :
      Tipe Dokter                                                         Jumlah Orang      
Dokter Umum                                                                  7 orang
Spesialis                                                                           43 orang
Spesialis - Anak                                                           3 orang
Spesialis - Bedah                                                         3 orang
Spesialis - Anastesi                                                      2 orang
Spesialis - Jantung & Pembuluh Darah                                     2 orang
Spesialis - Kesehatan Jiwa                                           1 orang
Spesialis - Mata                                                                        2 orang
Spesialis - Obsgin                                                        4 orang
Spesialis – Orthopedi                                                   4 orang
Spesialis - Paru                                                             2 orang
Spesialis - Penyakit Dalam                                           4 orang
Spesialis - Radiologi                                                    4 orang
Spesialis - Rehabilitasi Medik                                       2 orang
Spesialis - Syaraf                                                         2 orang
Spesialis - Telinga Hidung dan Tenggorokan               4 orang
Spesialis - Urologi                                                        2 orang
Dokter Gigi                                                                      6 orang
      Spesialis Gigi                                                                   1 orang
Spesialis Gigi - Bedah Mulut                                        1 orang
Dokter Bedah                                                                  2 orang
     Dokter Bedah - Syaraf                                                  2 orang



     RS Sari Asih Serang juga di dukung dengan tenaga pendukung dengan tingkat layanan di kalkulasi dengan perbandingan jumlah perawat dengan jumlah dokter, jumlah perawat dengan jumlah tempat tidur inap, dan jumlah teknisi medis degan jumlah dokter.
Dengan perincian Tipe Tenaga Dukung :
   Tipe Tenaga Dukung                                           Jumlah Orang      
Perawat                                                               158 orang
Ners                                                                 5 orang
Perawat Lainnya                                             153 orang
Pegawai Khusus Terapi                                    5 orang
Fisioterapi                                                       3 orang
Terapi Okupasi                                                1 orang
Terapi Wicara                                                  1 orang
Teknisi Medis                                                     18 orang
Radiografer                                                     7 orang
Analis Kesehatan                                            8 orang
Rekam Medik                                                 3 orang
Pegawai Khusus Bidan                                      12 orang
Bidan Pendidik                                               12 orang
Pegawai Khusus Kefarmasian                          17 orang
Apoteker                                                         1 orang
Analis Farmasi                                     16 orang
Pegawai Non Kesehatan                                    15 orang
Admin Keuangan                                               11 orang
Humas                                                                 2 orang
Hukum                                                                1 orang
IT                                                                         1 orang




     Fasilitas yang ada di RS Sari Asih Serang yaitu :
1.      Ruang Inap
Mayoritas Kamar Kelas II, Dari 130 tempat tidur inap di rumah sakit ini, 56 termasuk di kamar kelas II. Rumah sakit ini tersedia tempat tidur di semua kelas kamar, dari kelas I sampai kelas VVIP.
2.      Ruang Kondisi Darurat
a.       ICU (5 tempat tidur) : Singkatan dari Intensive Care Unit, ini adalah layanan rumah sakit yang memberikan asuhan keperawatan secara terkonsentrasi dan lengkap.
b.      HCU (4 tempat tidur) : Singkatan dari High Care Unit, ini adalah ruang perawatan pasien ICU yang dianggap sudah menunjukkan perbaikan tetapi masih dalam pengawasan ketat.
c.       IGD (6 tempat tidur) : Singkatan dari Instalasi Gawat Darurat.
d.      NICU (2 tempat tidur) : Singkatan dari Neonate Intensive Care Unit, ini merupakan unit perawatan intensif untuk bayi baru lahir (neonatus) yang memerlukan perawatan khusus.

Informasi Kontak RS Sari Asih Serang :
Alamat                    Jalan Raya Jenderal Sudirman No.38 Kel.Penancangan Kec.Cipocok Kota
Kode Pos             42121
Lokasi                  Serang, Banten
Pulau                    Jawa
Telepon                254220022
Email                   sekdir.rssas@gmail.com
Website                Website (sariasih.com)

Akreditass RS Sari Asih Serang :
Tanggal Update                      12/28/13
Kode Registrasi                      3673036
Tanggal Registrasi                   2/27/12
Direktur                                   Dr. Budi Setiawan,Mars
Penyelenggara                         Perusahaan
No. Surat Ijin                          8/1722/kes/vii/21
Tanggal Ijin                             7/5/10
Dari                                         Dinas Kesehatan Kota Serang
Sifat                                        Tetap


B.     Penerapan Prilaku Organisasi pada Perusahaan Kesehatan Swasta di Banten (RS Sari Asih Serang)
Industri Rumah Sakit pada dasarnya adalah kumpulan dari berbagai unit pelayanan. Berbagai unit tersebut terdiri dari sekumpulan individu yang berusaha mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi dinamika dalam menjalankan organisasi. Peluang dan tantangan eksternal juga merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Sebab itu naik turunnya kinerja industri Rumah Sakit sangat ditentukan oleh kinerja unit yang terdiri dari kumpulan individu di dalamnya.
Sebagai unsur dalam manajemen, sumber daya manusia kesehatan yang dimiliki oleh rumah sakit akan mempengaruhi diferensiasi dan kualitas pelayanan kesehatan, keterbatasan keanekaragaman jenis tenaga kesehatan akan menghasilkan kinerja rumah sakit dalam pencapaian indikator mutu pelayanan rumah sakit. Kekhususan ini sangat tidak mungkin diberikan penerapan manajemen secara umum, karena SDM kesehatan adalah SDM fungsional  dengan fungsi profesi berdasarkan latar belakang pendidikan kesehatannya.
Individu yang berada dalam unit di industri Rumah Sakit pada dasarnya unik dan dinamis. Oleh sebab itu sumber daya manusia dalam industri Rumah Sakit menjadi area kelola yang kompleks dan harus selalu mengikuti perkembangan untuk dapat memuaskan keinginan pelanggan. Sehingga pengelolaan organisasi tidak bisa kita lepaskan dari pengelolaan sumber daya manusia di dalamnya. Namun sering kita temui pengelolaan sumber daya manusia dalam industri Rumah Sakit sering terjebak pada sistem dan prosedur yang rumit dan kadang tidak efektif serta tidak efisien dan cenderung membatasi dinamika individu dalam organisasi. Sementara di sisi lain sistem dan prosedur yang diciptakan untuk mengelola sumber daya manusia harus sebaik-baiknya dikelola dan selaras dengan tujuan organisasi yang telah ditetapkan bersama sehingga  secara efektif dan efisien mampu berkontribusi positif untuk kemajuan organisasi.
Banyaknya pemberitaan yang muncul terkait dengan pelayanan yang kurang memuaskan dari tenaga medis dan unit pelayanan lainnya tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu penyebab dari kurang cermatnya manajemen Rumah Sakit dalam mengelola unit-unit di dalamnya dengan sistem yang memadai untuk mencapai tujuan dan hasil yang diharapkan. Padahal pelayanan medik khususnya medik spesialistik merupakan salah satu ciri dari Rumah Sakit yang membedakan antara Rumah Sakit dengan fasilitas pelayanan lainnya. Kontribusi pelayanan medik pada pelayanan di Rumah Sakit cukup besar dan menentukan ditinjau dari berbagai aspek, antara lain aspek jenis pelayanan, aspek keuangan, pemasaran, etika dan hukum maupun administrasi dan manajemen Rumah Sakit itu sendiri (Djuhaeni, 1993).
Salah satu hambatan upaya Rumah Sakit dalam memberikan pelayanan medis yang memuaskan saat ini adalah keterbatasan sumber daya  dan fasilitas penunjang terutama teknologi kedokteran yang merupakan poin krusial dalam tindak penanganan medis. Sementara untuk menghasilkan keduanya dibutuhkan biaya yang cukup tinggi sehingga beberapa aspek penting dari sumber daya manusia terabaikan. Masih banyak manajemen Rumah sakit yang kurang memahami pentingnya unsur manajemen kinerja. Ketika sumber daya manusia dianggap sebagai salah satu aset perusahaan, maka biaya yang dikeluarkan untuk proses peningkatan mutu kinerja akan menjadi suatu investasi jangka panjang yang dimiliki.
Begitu pula dengan tenaga medis dan keperawatan lainnya akan menjadi satu pilar utama bagi Rumah Sakit yang dapat menunjang keunggulan kompetitif dari Rumah Sakit apabila sistem manajemen dan pengembangan sumber daya manusia  di dalamnya dapat dikelola dengan baik, yang meliputi pemenuhan indikator kompetensi yang terstandarisasi, pengembangan keahlian dengan pelatihan-pelatihan dan asuhan keperawatan,  penilaian kinerja yang objektif, pembagian jam kerja yang adil, serta sistem kompensasi yang dapat memberikan kepuasan kerja dalam rangka meningkatkan kinerja individu yang berujung pada peningkatan kinerja Rumah Sakit secara keseluruhan.
Pada banyak organisasi dan industri, banyak kritik yang dilayangkan pada bagian sumber daya manusia karena dianggap tidak melakukan upaya yang relevan dengan strategi perusahaan untuk survive dan memenangkan kompetisi. Melihat hal tersebut sangat penting bagi bagian sumber daya manusia, dengan dukungan dari manajemen, untuk menemukan dan mengintegrasikan strategi pengembangan sumber daya manusia dengan strategi perusahaan. Demikian halnya dengan industri Rumah Sakit yang sangat bergantung pada kontribusi sumber daya manusia di dalamnya, terutama tenaga medis dan keperawatan sebagai salah satu faktor pendukung kesuksesan sehingga dapat terus bertahan di tengah persaingan dan penilaian masyarakat yang menuntut pelayanan prima, cepat, dan efektif. Permasalahan yang dimiliki oleh Rumah Sakit saat ini adalah menemukan strategi perusahaan yang tepat mengenai sumber daya manusia yang diselaraskan dengan kebutuhan organisasi untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan peningkatan kinerja organisasi.

Contoh Kasus :
Rumah Sakit sebagai tempat orang yang ingin berobat selayaknya memberikan pelayanan yang baik bagi siapa pun yang hendak berobat. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah yang menganjurkan setiap rumah sakit harus memberikan pelayanan prima bagi pasien.
Namun apa yang dilakukan oleh rumah sakit Sari Asih di Kota Serang, tidak menggubris peraturan tersebut. Bahkan rekomendasi dokter rumah sakit tersebut juga diabaikan.
Hal ini dirasakan oleh Saluri salah satu pasien BPJS yang hendak berobat. Pria paruh baya itu datang atas rujukan dari rumah sakit Kencana Serang,  pada hari Rabu 22 November 2014 ke dr. spesialis Urologi di Rumah Sakit Sari Asih. Saat di periksa oleh dokter Abdullah Fadlol,SpU pasien tersebut harus dioperasi pada hari Sabtu. Dokter memberikan surat pengantar untuk kebagian pendaftaran, agar dipersiapkan tempat untuk tindakan operasi. 
Namun dibagian pendaftaran surat pengantar dari dokter Abdullah Fadlol, SpU tidak digubris. Petugas pendaftaran hanya meminta nomor telpon pasien dengan alasan nanti dihubungi kalau ada ruangan kosong.
Sampai batas waktu yang dianjurkan oleh dr. Abdullah Fadlol SpU pihak rumah sakit belum juga mengabari pasien. Saat di tanya kembali oleh keluarga pasien justru menawarkan ruangan di kelas VVIP dengan biaya kisaran dua puluh juta rupiah jika pasien menggunakan bpjs maka selebihnya harus ditanggung oleh pasien.
"Berkas belum di kembalikan oleh kepala ruangan jadi belum ada tempat yang kosong, kalau mau ada tempat kosong di VVIP dengan biaya kisaran 20 juta rupiah jika pasien menggunakan bpjs maka selebihnya harus ditanggung oleh pasien" kata petugas pendaftaran yang tidak menyebutkan namanya.


C.    Kekuatan dan Kelemahan Perusahaan Kesehatan Swasta di Banten (RS Sari Asih Serang)
1.      Kekatan
a.       Prasaran
Ruang tunggu pasien dan ruang rawat inap memadai
b.      Sarana
Tempat ibadah dan area parkir memadai.
c.       Jumlah Sumber Daya Manusia
RS Sari Asih Serang terdiri dari 59 dokter yang melayani, perawat 158 orang, pegawai khusus terapi 5 orang, teknisi medis 18 orang, pegawai khusus bidan 12 orang, kefarmasian 18 orang, non kesehatan 15 orang, adm keuangan 11 oang, humas 2 orang, hukum 1 orang, IT 1 orang.
d.      Kualitas Sumber Daya Manusia
Terdiri dari dokter umum 7 orang, dokter spesialis 43 orang, dokter gigi 6 orang, spesialis gigi 1 orang, dokter bedah 2 orang.

2.      Kelemahan
a.       Disiplin petugas
Petugas kurang disiplin dalam melaksanakan tata tertib Rumah Sakit, masih banyak ditemukan penggunaan seragam tenaga medis di luar Rumah Sakit.
b.      Prosedur pelayanan
Prosedur pelayanan yang lama dan tidak efektif dengan waktu yang ditentukan.
c.       Tarif Pelayanan
Tarif yang ditentukan pihak Rumah Sakit termasuk mahal untuk masyarakat ekonomi kelas bawah.












BAB III
PENUTUP

A.    Simpulan



DAFTAR PUSTAKA

http://rumah-sakit.findthebest.co.id/l/438/RSSari-Asih-Serang (Diakses pada tanggal 05 November 2016, pukul 10.55 WIB)
http://ellyhandayanti.blogspot.co.id/2016/01/perencanaan-strategik-rs-sari-asih.html (Diakses pada tanggal 09 November 2016, pukul 12.24 WIB)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar